http://gameswithoutfrontiers.uvic.ca/wp-content/uploads/2012/11/cropped-Video-Game-graphic.jpg |
/
Sejarah Game
Game
yang lahir pertama kali di dalam industrial game adalah Space War. Lalu seiring
perkembangan zaman, muncullah arcade game yaitu tipe pertama game yang
mainstream, game ini dioperasikan dengan memasukkan koin. Galaxy game ini
adalah game pertama yang pengoperasiannya dengan memasukkan koin
tersebut(1971). Lalu Atari.inc meluncurkan pong yaitu game pertama yang sukses.
Lalu game semakin popular dan muncullah game seperti Space Invader lalu disusul
oleh Pac Man yang menjadi game terpopuler pada abadnya. Dan setelah Arcade game
muncullah pinbal era yang menggunakan bola untuk permainannya dan biasanya
digunakan untuk judi, dan untuk mendapatkan score tertingginya. Lalu Game ini
berkembang lagi ke Home market yaitu game yang mulai merambah kedalam bentuk console(Magnavox
OddysseyàAtariàHome computer). PC game adalah sebuah game yang dibuat dengan
komputer secara umum. Lalu kita masuk ke sejarah game online pertama yang
dinamakan MUD(Multy User Dungeon) yang dibuat oleh Roy Trubshaw di Essex University pada tahun 1978. Lalu pada tahun
1983-1985 terjadilah Video game crash yang disebabkan oleh game yang terlalu
banyak keluar dan tidak juga berkualitas. Banyak sekali perusahaan yang
bangkrut karena ini. Lalu seiring berjalan waktu bangkit lagi game industri
game dari Nintendo yang dinamakan Super Mario Bross.
Sejarah Game Console
- Generasi Pertama(1972-1977): Dikembangkan sejak tahun 1966 dan pada tahun 1968 terdapat protipenya yang bernama “Brown Box”. Contoh console yang sering digunakan yaitu Magnavox Oddysey, Atari, Nintendo Color TV Game. Pada tahun 1977 terjadi game crash dan hanya Atari dan Magnavox yang bertahan.
- Generasi Kedua(1977-1983):menggunakan mikroprosesor dengan awal era 8-bit.conoth consolenya adalah Video Computer System (VCS)/Atari 2600, Intellivision, ColecoVision
- Video Game crash (1983-1985) karena terlalu banyak console yang dijual dan game yang dibuat terlalu terburu-buru sehingga game tersebut menjadi jelek, dan karena persaingan dengan PC yang mengakibatkan Industri video game ditinggalkan
- Generasi 3(1983-1995): diawali oleh Famicom di Jepang à NES di Amerika Utara. Era 8-bit. Contoh consolenya adalah Famicom (Family Computer), Sega Master System, Atari 7800
- Generasi 4(1987-1999): Diawali dengan NEC PC Engine/TurboGrafx-16,Era 16-bit, gamenya mulai menggunakan CD-ROM(NEC PC Engine/TurboGrafx-16,Sega Mega Drive/Genesis ,Neo Geo)
- Generasi 3(1993-2006): Peralihan ke 3D dan CD,Era 32-bit & 64-bit. Contoh consolenya Atari Jaguar, Sega Saturn, Sony PlayStation,Nintendo64
- Generasi 6(1996-????): mulailah kembali ke kontroler alternative disamping gamepad,era 128 bit(Dreamcast, Sony PlayStation2,Nintendo GameCube,XBOX)
- Generasi 7(2005-????):banyaknya inovasi baru dalam PS3 dan Xbox dan WII yang dikeluarkan. Jamannya controlerless dan motion control
- Generasi 8(2012-sekarang): Nintento dengan Wii U (2012), disusul Microsoft dan Sony dengan Xbox One dan PlayStation 4 (keduanya di 2013) yang ditandai dengan grafik resolusi yang tinggi(720p, 1080i/p, bahkan 4k)
- Generasi berikutnya: masih belum ada informasi baru karena console tergerus dengan pasar mobile handheld dan juga masuknya pesaing baru
GAME DEVELOPMENT PROSES
- Pre Production
- Masih dalam tahap perencanaan objek
- Menghasilkan Dokumen desain seperti Game Design Document (GDD) yang harus menghasilkan cerita,karakter,level, perlengkapan, desain, cara bermain, suara, kontrol, dan kolaborasi artis, designer, dan programmer. Technical Design Document (TDD) yaitu kearah yang lebih teknis dan detil desain dan progam, dsb.
- Diwujudkan dengan Prototype yang Digunakan untuk merepresentasikan ide-ide pada tahap pre-produksi dan dibuat dalam waktu yang singkat
- Production
- Tahap implementasi
- Digunakan untuk mendesain tampilan,level,pemrogaman,serta fitur-fitur
- Biasanya memakan waktu paling lama yaitu sekitar 1 tahunan
- Testing
- Melakukan dalam berbagai aspek,biasanya digunakan setelah membuat fitur-fitur. Alpha(fitur lengkap,aset belum). Beta( tahap membetulkan Bug yang tidak mencegah rilis suatu game,bisa close ato open). Gold(rilis akhir). Dalam tahap testing ini melibatkan game tester yang ditugaskan untuk bermain(mencari keanehan,bug,tingkat kesulitan,dsb). Ada heatmap (analisis suatu level dan UI)
- Post Production
- Tidak ada game untuk konsol tradisional
- Terjadi pada game MMO
- Pembetulan bug yang tidak ditemukan oleh tahap-tahap sebelumnya
- Game Developer&plubisher:
- Game developer: pihak yang membuat game
- Game Publisher: pihak yang merilis game
- Porting
- Dilakukan untuk memperluas penjualan game
- Mengganti kontrol gameplay pada tiap console yang berbeda, Gunakan engine yang dapat dengan mudah mengatasi berbagai macam input (contoh: Unity)
GAME PRODUCTION
Dalam membuat sebuah game kita juga
harus membuat game engine(rendering, suara, pemrograman, animasi, networking,
memori, dan lain-lain). Contoh game engine: CryEngine 3: Crysis 2 , Dunia
Engine: James Cameron’s Avatar: The Game, Election: Neverwinter Nights 2, idTech
5: Rage
Middleware subsistem dari fungsi game
engine
Tahap Awal dalam pembuatan game pemula
Mulai mencari dana pembuatan game
melalui crowdfundin(Pemain
membeli game pada saat awal produksi dan sebagai gantinya mereka mendapatkan
bonus seperti artwork,digital soundtrack,dsb)
Cari tempat
penjual game melalui digital distribution seperti pada steam Greenlight
Sumber:
PTT_MM_Week_13__The_Evolution_of_Game(http://elearning.ubaya.ac.id/if/course/view.php?id=63)
0 komentar:
Posting Komentar