Jumat, 28 November 2014

ANIMASI

http://www.scola.ac.uk/wp-content/uploads/2012/05/Drawing-for-AnimationsWide.jpg

Halo, berjumpa lagi dengan kami. Kali ini kami akan membahas tentang animasi. Apakah itu? Ya animasi itu adalah gambar yang bergerak. Tapi apakah kalian tahu berasal darimanakah arti kata Animasi? Animasi itu didapatkan dari kata latin”anima” yang memiliki arti memberi kehidupan/menghidupkan sesuatu yang tak hidup.
Sejarah Animasi
http://modernmonalisatd1a.files.wordpress.com/2008/04/walt.jpg
Sejak Zaman homosapiens,manusia sering merekam gambar-gambar yang ada didalam sekitar mereka,melalui cara melukiskan didalam gua. Lalu pada akhir abad ke 19 John Marey and Edward Muybridge menemukan kamera yang dapat merekam gambar dengan gerak yang cepat. Lalu di awal abad ke-20 Disney membuat film kartun yang pertama kali dengan full color dan full suara yaitu Mickey Mouse. Setelah pembuatan dari disney tersebut film animasi ini perlahan lahan masuk kedalam perindustrian film, dan setelah akhir perang dunia kedua terdapat peningkatan teknologi komputer sehingga animasi lebih meningkat. Pada tahun 70an dibuatlah sebuah film 2001 : A Space Odyssey adalah film kolaborasi pertama yang menggabungkan antara animasi dengan film . Lalu munculah berbagai macam studio animasi (Industrial Light and Magic, dll). Dan di tahun 1995 dibuatlah sebuah film animasi pertama menggunakan full animasi komputer yaitu toy story. Sampe sekarang animasi berkembang dengan pesat.

Ya setelah kalian menyimak sejarah animasi kami juga akan memberitahu 12 prinsip animasi dari disney:
  • Squash & Strech: Squash&strech ini digunakan unntuk mendefinisikan kekerasan dan kelembutan objek, bisa digunakan untuk melebih-lebihkan gerakan.
  • Anticipation: Peralihan antara 2 aksi utama,biasanya digunakan untuk memberitahu kepada penonton apa yang akan terjadi setelahnya.
  •  Staging: Mempresentasikan ide/aksi/ekspresi dengan jelas sehingga ide/aksi/ekspresi itu dapat dipahami oleh tiap penontonnya
  • Pose to Pose: Biasanya para animator ini hanya menggambarkan suatu aksi di awal dan di akhirnya saja lalu selanjutnya aksi tersebut dikerjakan oleh sang asisten animator tersebut.
  • Follow through & Overlapping Action: Pergerakan tidak langsung diam tetapi ada sebuah gerakkan tambahan,biasanya gerakan tambahan tersebut dilebih-lebihkan .
  • Slow in & Slow Out: mengilusikan sebuah akselerasi digunakan untuk mendapatkan sebuah feel tertentu
  • Arcs: Pergerakan dari benda hidup (Seperti kepala melihat keatas, kebawah, kesamping,dll)
  • Secondary Action: Terjadi sebagai akibat dari tindakan pertama(primer). Memberi detail tambahan dalam sebuah scene. Tindakan ini digunakan untuk meningkatkan kepentingan adegan
  • Timing: didefinisikan oleh lebih oleh gerakan dari penampilan,perubahan dari kecepatan bisa merubah persepsi dari tiap-tiap orang.
  • Exaggeration: Melebih-lebihkan sebuah gerakan untuk menambahkan sebuah aksi/atraksi. (jika sebuah karakter itu sedang sedih, mereka akan membuat karakter itu terlihat seperti orang yang menangis)
  • Solid Drawing: Menggambarkan sesuatu sedinamis/sedetail mungkin sehingga gambar tersebut terlihat hidup.
  • Appeal: Karakter itu harus memiliki daya tarik tersendiri untuk membuat karakter tersebut seperti keadaan sesungguhnya,contoh: karakter antagonis seperti profesor yang jahat akan digambarkan dengan warna-warna yang gelap dan biasa memakai jubah yang panjang se lantai.
Animasi Method

  • Clasic animation
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj8AgXGQ9Ly-w1RXUNHNYt3HGc81qw8U13gDlvYgygw18a-a8_Q5CRvrtaPf-Pu80RbxXVYkUZEXg1x-KHggFXe-GjFYDB8nrktAVWWPxnpBUjwAo6QsOatrTDZXZseCvNYtqvcEittJs8/s1600/MickeyModel1938_0.jpg
Pertama kali digunakan dalam disney
Menggunakan plastik transparan yang dinamakan”sel” yang digunakan untuk menampung sebuah object animasi karakter,dll
Setelah itu akan difoto tiap-tiap framenya
Biasanya digunakan dalam pembuatan film 2D
  • Stop-Motion Animation
http://itecdigital.org.uk/fda02_1415/blogs/400195/wp-content/uploads/2014/09/stopmotionanimation.jpg
Menangkap objek yang sedang bergerak di tiap framenya
Bisa digunakan pada banyak media(orang,clay,object-object disekitar lainnya)
Stop motion ini dapat digunakan untuk mendapatkan gerakkan yang tidak bisa dilakukan oleh manusia

  • Computer Generated Animation
http://people.mpi-inf.mpg.de/~edeaguia/images/confluent1.jpg

Metode yang paling digunakan saat ini membuat objeknya melalui komputer
Bisa memakai bermacam-macam cara seperti 2D,3D,Realis,dll
Harus memiliki skill dalam pengoperasian komputer
Karena oleh perkembangan zaman sekarang semuanya dipermudah namun kreativitas dan konsep sangat dibutuhkan sekarang.

Tambahan:
Animasi di Indonesia
Sekarang Perkembangan animasi yang ada di Indonesia Semakin meluas, dengan adanya bukti seperti studio-studio yang  telah membuat animasi  lisensi luar, Para pembuat animasi Di Indonesia sebenarnya sudah lama terkenal dengan pembuatan animasi Jepang dan juga di Amerika juga,namun kita aja yang tidak mengetahuinya bukan? Haha, yaa berikut ini adalah beberapa studio animasi yang terdapat di Indonesia: Frozzty Entertainment,Dreamlight Animation, Tunas Pakar Integraha, Castle Production,DreamTOoN, Jogjakartun,dsb. Semoga bermanfaat ya

Sumber: - http://id.wikipedia.org/wiki/Animasi , Slide PTT Animasi: http://elearning.ubaya.ac.id/if/course/view.php?id=63


0 komentar:

Posting Komentar